Cara membuat tabel di Microsoft Excel 2007
sebenarnya hampir sama dengan di Microsoft Excel versi 2003 dan 2010. Untuk
versi di atasnya saya belum pernah mencoba jadi tidak berani bilang sama. Tapi
saya rasa tidak akan jauh berbeda, biasanya hanya posisi menu saja yang tidak
sama.
Oke, kita langsung masuk
ke materi ya. Tapi akan saya bedakan menjadi dua tutorial yang disesuaikan
dengan situasi yang Anda hadapi.
- Membuat Tabel di Lembar Kosong
Apabila dokumen Excel Anda masih kosong, belum ada
satupun data di dalamnya. Maka ikuti panduan yang ini.
a. Buat dokumen Microsoft Excel baru kemudian klik menu Insert – Table
a. Buat dokumen Microsoft Excel baru kemudian klik menu Insert – Table
b. Biarkan
saja jendela perintah yang muncul, jangan di klik. Tandai baris dokumen dengan
cara mengklik dan tahan lalu tarik di sepanjang baris dan kolom sesuai dengan
jumlah yang Anda inginkan. Baru kemudian klik tombol OK
di jendela perintah.
c. Selesai,
tabel Anda sudah jadi. Sekarang tinggal memasukkan angka-angkanya.
- Membuat Tabel di Dokumen Jadi dengan Border
Cara membuat tabel di Microsoft
Excel yang sudah jadi sedikit berbeda dengan membuat tabel di dokumen kosong,
walaupun bisa saja memakai cara di atas tapi akan lebih sulit. Menurut hemat
saya akan lebih mudah bila kita menggunakan border saja untuk
menggantikan tabel.
b. Kemudian
klik tanda ikon menu Border kemudian pilih All Borders atau Outside
Borders. All Borders untuk memberi garis
border di semua tabel sementara Outside Borders hanya garis luar
data yang Anda tandai.
c. Hasil
akhirnya seperti ini. Anda bisa juga memilih jenis garis menggunakan langkah di
atas, pilih opsi Line Style atau merubah warna garis
dengan opsi Line Color.
Silahkan
berkreasi, dicoba dan jangan takut salah. Atau jika tak ingin datanya hilang,
Anda bisa mencoba membuat tabel di Microsoft Excel menggunakan lembar dokumen
baru kemudian buat salinan data tersebut dan coba praktekkan.
Sumber: internet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar